Masyarakat Indonesia Lebih Pilih MPV Untuk Miliki Kendaraan Pribadinya

Bebisnis.com – Banyak model dan juga jenis mobil yang memang ditawarkan di pasaran otomotif tanah air. Dari mobil yang mempunyai ukuran kecil seperti city car, sedang seperti MPV, hingga SUV bongsor.

Namun, dalam beberapa waktu terakhir ini, jenis mobil yang terlihat mendominasi di Indonesia yakni yang berjenis MPV. Dilihat dari tahun ke tahun jenis mobil MPV terus memperlihatkan peningkatan yang digemari para masyarakat Indonesia.

Selain bisa mengangkut banyak penumpang yang berjumlah cukup banyak, MPV juga tepat untuk bisa memenuhi keperluan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Dengan fungsi tersebutlah yang menjadikan pertimbangan orang Indonesia ketika akan menentukan pilihan membeli mobil.

Dari hal inilah yang menjadikan mobil jenis lainnya tersingkirkan. Meski masih ada yang meminati, namun dilihat dari jumlahnya jauh dibawah dengan angka yang berminat dengan mobil jenis MPV.

Namun hal tersebut berbeda dengan yang terjadi di masyarakat Malaysia. Orang Malaysia justru lebih berminat dengan mobil yang efisien. Jika mobil hanya diperuntukkan bagi keluarga kecil sataupun untuk kepentingan sendiri saja, tidak perlu untuk membeli mobil yang mempunyai kapasitas penumpang yang muat banyak bukan?

“Di Malaysia sudah berubah dengan bertumbuhnya masyarakat yang berpendidikan tinggi dan pakai logika. Kalau sehari-hari pergi pakai mobil hanya sendiri atau berdua, buat apa kita beli mobil 7 seat, sehingga di malaysia city car dominan,” kata Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di Gandaria City Mall, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

“Indonesia belum masih MPV. Indonesia mobil yang laku masih MPV. Kalau Indonesia berubah city car menjadi pilihan dan bertumbuh tentu saja kami akan mempertimbangkan bagaimana memfasilitasi pengganti,” tutur Amel.

Dilihat dari tahun ke tahun jumlah penjualannya juga terus memperlihatkan peningkatan yang signifikan. Melirik data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan MPV terus meningkat. LMPV misalnya jika pada tahun 2016 terjual sebanyak 249.927 unit, jumlahnya naik pada tahun 2017 menjadi sebanyak 253.808 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *