Minat Masyarakat Indonesia Masih Kurang Untuk Miliki Mobil Pribadi

Bebisnis.com – Catatan yang sudah berhasil dibukukan oleh pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) rata-rata penjualan tiap tahun yang berhasil dicapai dengan terjualnya kendaraan roda empat di Indonesia mencapai 1,1 jutaan unit.

Meskipun tingkat perekonomian Indonesia terbilang cukup baik, telah diperkirakan untuk beberapa tahun kedepan angka penjualan kendaraan masih akan terus stabil. Bahkan mungkin angka penjualan tidak akan naik, meskipun popularitas ojek ataupun taksi online semakin meningkat.

Hal satu ini bukanlan tanpa alasan pastinya, terkait dengan rasio kepemilikan mobil yang ada di tanah air masih tergolong rendah. Dengan begitu, pertumbuhan penjualan mobil akan terlihat stabil meskipun saat ini banyak cara mudah untuk bisa miliki kendaraan sendiri.

Seperti yang disampaikan Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di Jakarta. Hendry mengungkapkan, taksi online tidak begitu berpengaruh terhadap penjualan mobil di Indonesia. Soalnya, bila dibandingkan antara populasi dan kepemilikan mobil, rasionya masih rendah dibanding dengan Thailand maupun Malaysia.

Namun, lanjut hendry ini akan menjadi peluang baru untuk perkembangan industri otomotif Indonesia.

“Ya kalau kami lihat prospek di Indonesia untuk industri otomotif masih baik. Karena, kepemilikan kendaraan untuk seribu populasi kan masih rendah, angka kepemilikannya baru diangka 80-90,” kata Henry.

“Kalau di Thailand itu rasio kepemilikannya 250, kemudian Malaysia bisa sampai 400. Saya lihat di Indonesia itu growth-nya masih akan tinggi, karena rasio kepemilikan kendaraannya masih rendah khususnya di roda empat,” kata Henry.

Hal ini juga yang membuat Henry percaya diri, bahwa masyarakat masih banyak yang membutuhkan kendaraan atau mobil.

“Jadi, kami masih percaya diri bahwa akan banyak lagi orang yang ingin memiliki kendaraan bermotor atau mobil. Ini masih sangat berpotensi,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *