Mobil Otonom Dites Di California Untuk Pertama Kalinya

Bebisnis.com – Saat ini yang sedang diramaikan oleh sebuah mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa perlu adanya supir untuk bisa mengemudikannya sedang dikembangkan untuk masa depan. Dan mulai dari sekarang, mobil yang berjalan tanpa supir atau otonom tersebut sudah mulai dilakukan pengujian.

Salah satunya sudah dilakukan pengujian di California. Namun seperti kabar yang telah beredar, pada saat dilakukannya pengujian tersebut malah justru mobil otonom tanpa supir tersebut mengalami kecelakaan. Chevrolet Bolt yang sudah dibekali teknologi otonom tabrakan dengan sepeda motor. Disebutkan mobil itu berpindah lajur jalan, dan pada saat bersamaan sepeda motor pun melakukan hal yang sama. Pengendara motor menjadi kambing hitam.

Dari laporan yang dihasilkan dari pengembangan mobil otonom tersebut, Cruise Automation, mobil otonom itu berjalan secara otomatis di sebuah jalanan tiga lajur. Ia berjalan di lajur tengah karena sudah mendeteksi celah di sebelah kirinya. Namun, celah itu mengecil dan membuat mobil otonom kembali ke lajur tengah. Hal yang sama dilakukan juga oleh sepeda motor. Akibatnya, kecelakaan tak terhindarkan.

Pemotor tersebut disebutkan telah dianggap melakukan kesalahan oleh polisi lantaran mencoba menyalip dan juga melwati kendaraan yang lainnya dengan mengambil jalur dari sebelah kanan. Hal dilakukan oleh pemotor tersebut sudah jelas tidak boleh dilakukan dan juga merupakan sebuah pelanggaran.

“Di Cruise, kami menguji mobil tanpa sopir kami di lingkungan yang menantang dan tidak dapat diprediksi, justru karena dengan demikian kami akan mendapatkan lebih baik, serta teknologi lebih aman di jalan raya lebih cepat lagi. Dalam kasus ini, pengendara motor masuk ke lajur kami sebelum aman untuk melakukannya,” tulis pernyataan Cruise Automation, unit mobil otonom di bawah General Motors.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *