Proton Butuh Waktu Hingga 30 Tahun Untuk Bisa Masuk Pasaran Internasional

Bebisnis.com – Jika membahas terkait dengan industri otomotif, Indonesia masih tergolong lambat dalam segi langkah jika dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia. Tidak hanya berhasil melakukan jual beli mobil-mobil yang memiliki kecanggihan dari luar negeri, Malaysia sendiri juga sudah mempunyai merek mobil sendiri lewat Perusahaan Otomobil Nasional Berhad (Proton).

Memang tidak dimulai dari nol, Proton menggunakan platform Mitsubishi dalam memproduksi mobil pertamanya tahun 1983. Dengan adanya ide menciptakan Proton pertama kalinya datang dari Perdana Menteri Mahathir Mohamad yang dulu juga didapuk menjadi bos Proton.

Tak hanya Proton saja yang membuat mobil dengan menggunakan platform Mitsubishi. Hal yang sama juga dilakukan oleh salah satu pabrikan yang berasal dari Korea Selatan Hyundai.

“Option lain (membuat merek nasional) kita bisa membeli teknologi, membayar tentunya dan membuat mobil tersebtut dengan merek nasional. Kan bisa kayak Proton beli teknologi dari Mitsubishi, Hyundai juga dari begitu dari Mitsubishi,” ujar Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto, Selasa (15/5/2018).

Untuk bisa mengembangan sebuah mobil yang merupakan hasil karya negeri sendiri tentunya memang sangat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tidak sedikit juga upaya yang harus dilakukan supaya mobil nasional mampu bersaing dengan mobil yang sudah mempunyai nama dan juga telah diuji ketangguhannya.

Proton termasuk bukan produksi yang hanya muncul secara singkat. Mereka membutuhkan sebentarnya 30 tahun untuk bisa mengembangkan hingga berhasil menembus pasar internasional. Dengan kurun waktu selama 30 tahun tersebut, Malaysia sudah bisa dikatakan sukses dalam memperjuangkannya. Penggagas Proton bahkan menyebut Malaysia tergolong sebagai negara berkembang yang bisa dengan cepat mengenalkan merek nasionalnya.

Jongkie sendiri menyebut Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan mereknya sendiri. Tinggal dibutuhkan kemauan saja. Salah satu harapan akan mobil nasional pernah datang dari mobil pertama karya anak-anak SMK yaitu Esemka.

Namun harapan hanya sekadar harapan. Sejak tahun 2008 muncul, hingga kini wujud Esemka belum juga terlihat. Kabarnya mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono akan memunculkan Esemka dalam waktu dekat.

Ia mengaku mendapat perintah langsung dari Presiden Joko Widodo untuk memproduksi Esemka yang bisa dijual pertengahan tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *