Suzuki Akan Tarik Semua Produknya Yang Ada Di China, Kenapa?

Bebisnis.com – Kabar yang baru-baru ini terdengar berkaitan dengan keinginan pihak dari Suzuki untuk keluar dari China sedang panas-panasnya menjadi perbincangan publik. Salah satu pabrikan yang berasal dari negara Jepang tersebut nantinya akan memberhentikan produksi mobil di Negeri Tirai Bambu.

Seperti yang telah diberitakan oleh NHK World, langkah yang telah dilakukan oleh Suzuki di China tersebut merupakan salah satu strategi Suzuki agar lebih fokus di pasar yang lebih besar. Suzuki ingin memfokuskan diri ke India yang merupakan pasar terbesar bagi merek tersebut.

Pihak Suzuki sendiri dengan salah satu perusahaan patungannya yang berada di China, Changan Automobile, sedang melakukan proses perbincangan terkait dengan rencana keluarnya Suzuki dari China.

Divestasi itu berarti Suzuki akan menarik diri dari pasar otomotif terbesar di dunia. Padahal, Suzuki sudah memproduksi mobil di China lebih dari dua dekade.

Pengendara di China lebih memilih mobil mewah dan yang lebih besar seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat. Tren tersebut meredam penjualan kendaraan kecil yang merupakan ahlinya Suzuki.

Dengan diberlakukannya aturan yang begitu ketat di China juga menjadi salah satu faktor pendorong. Pemerintah China berambisi kuat dalam elektrifikasi kendaraan. Di negara itu, mobil listrik juga berkembang pesat. Sayangnya, Suzuki belum punya lineup mobil listrik.

Sebelumnya Suzuki juga cabut dari pasar Eropa pada tahun 2013 lalu. Sementara di Amerika Suzuki sudah bangkrut. Mereka hanya menyisakan motor saja di Amerika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *