Tips Memilih Velg Mobil Untuk Modifikasi

 

 

Bebisnis.com – Velg mobil merupakan salah satu komponen yang ada pada mobil dengan bentuk lingkaran luar yang berdesain logam, dimana terpasang pada bagian dalam ban mobil. Adapun fungsi dari velg mobil itu sendiri adalah untuk dijadikan tempat menempelnya ban pada bagian ujung luar roda mobil agar ban mobil tersebut bisa menggesek kemudian berputar dan bisa menghasilkan getaran.

Pergantian velg kendaraan mobil sendiri bisa dilakukan secara berkala, tidak heran jika sekarang banyak sekali variasi velg mobil dari yang model biasa sampai dengan model yang paling bagus. Dalam perkembangan desain dan model velg yang kian hari kian berkembang pesat, tentu menjadi angin segar bagi para pecinta modifikasi mobil.

Namun, tentunya dari segi kualitas velg mobil itu sendiri berbeda-beda sehingga Anda tidak boleh asal membeli velg yang akan digunakan untuk memodifikasi mobil. Agar tidak salah dalam membeli velg, berikut adalah beberapa tips memilih velg mobil untuk modifikasi

Tips Memilih Velg Mobil Untuk Modifikasi

Pertimbangkan Spesifikasi Velg

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih velg mobil adalah spesifikasi velg tersebut, seperti spesifikasi velg mobil yang memiliki beberapa hal diantaranya yaitu PCD atau ukuran pitch centre diameter. Anda harus teliti dalam memilih PCD velg mobil Anda, karena setiap mobil memiliki ukuran PCD yang berbeda-beda jadi, pilihlah velg yang sesuai dengan ukuran PCD mobil Anda.

Cermati Bagian Offset

Selain harus mempertimbangkan spesifikasi PCD velgnya, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pada bagian offsetnya. Offset sendiri merupakan ukuran jarak velg antara permukaan velg pada kaki mobil dengan bagian dalam yang tengah.

Perhatikan juga material velg

Dalam memilih velg mobil selain harus memperhatikan spesifikasi velg tersebut, Anda juga harus memperhatikan jenis material velgnya. Karena material untuk membuat velg ada beberapa macam, diantaranya adalah jenis magnesium, logam ringan billet steel dan ada juga forged alloy.

Berbeda dengan velg mobil yang terbuat dari material standar yaitu dari baja. Tentunya setiap material yang digunakan untuk membuat velg memiliki kualitas yang berbeda-beda, begitu pula untuk harganya.

Anda bisa memilih velg yang terbuat dari material lebih ringan atau tidak terlalu berat, namun tentu saja yang berkualitas. Karena dengan pemilihan material yang tepat seperti itu, beban pada mobil dapat berkurang tanpa mengesampingkan bentuk dari daya tahan velg itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *