Yamaha R25 Yang belum Ada Tanda-Tanda Ciptakan Penerus Sejak Tahun 2014

Bebisnis.com – Jika dinilai dari segi penjualan motor sport yang masuk dikelas 250 cc, Yamaha R25 bisa dikatakan sangat ketinggalan jauh dengan yang lainnya. Seperti yang saat ini sudah dengan lancara menapaki pasran motor di tanah air ada Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR yang memang saat ini telah berjalan lebih jauh dibandingkan dengan Yamaha R25 yang kemunculannya sudah dari sejak tahun 2014 silam.

Banyak sekali pendapat yang datang terkait apa yang menjadi faktor penyebab Yamaha R25 menjadi ketinggalan jauh dari lainnya. Salah satu yang menjadi faktornya yakni minat konsumen yang sudah mulai bosan dengan R25 yang hingga saat ini masih belum menghadirkan penerusnya.

Dilihat dari catatan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) Yamaha R25 hanya 83 unit pada Februari 2018. Sangat berbeda jauh dengan angka penjualan yang telah ditorehkan oleh Kawasaki Ninja 250 yang terjual 2.188 unit dan Honda CBR250RR dengan angka 201 unit.

“R25 udah berapa lama? Ya udah waktunya lah ya. Tapi mengenai kapan dan di mana belum bisa dibicarakan. Nanti kita akan undang lah,” kata Deputy GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Eddy Ang di Paropo, Dairi, Sumatera Utara.

“Tapi secara total demand motor sport memang turun. Banyak orang yang setelah coba matik yang touring (seperti Nmax atau Xmax), habis itu malas balik ke sport. Jadi alasan pertama demand, kedua ya saya pikir memang konsumen menunggu-nunggu perubahan baru dari R25,” kata Eddy.

Jika dilihat dari segi performanya, Eddy mengaku bahwa R25 atau yang di beberapa negara dijual sebagai Yamaha R3 tak kalah saing. Bahkan, melalui pebalap Galang Hendra yang menunggangi Yamaha R3, motor itu mampu mencatat lap tercepat ketika tes World SuperSport 300 (WSSP 300) di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol.

“Jadi potensi Galang dengan Yamaha R3 yang basic engine pakai R25 cukup bagus. Secara fitur dan sebagainya kami akan coba kaitkan bahwa Galang dengan R-Series produksi Indonesia ini adalah produk Indonesia yang akan menantang dunia,” sebut Eddy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *